CINCIN KAWIN EMAS

cincin kawin emas

CINCIN KAWIN EMAS

Cincin kawin emas biasanya di jadikan sebagai simbol saling tukar cincin kawin oleh mempelai pria dan wanita di acara pernikahan. Material bahan dari sebuah cincin ini biasanya dari logam emas, meskipun ada sebagian mempelai yang menggunakan logam selain emas seperti palladium, platinum, perak. Logam tersebut adalah sama-sama logam mulia seperti emas yang senyawa dengan emas.

 

LOGAM MULIA EMAS

Logam mulia emas adalah salah satu benda yang ada di bumi ini. Emas juga merupakan logam mulia yang banyak di gandrungi dan di cari keberadaannya oleh manusia. Hal ini dikarenakan harga emas sangatlah mahal dan di jadikan sebagai barang investasi berupa cincin emas atau perhiasan lainnya, sehingga ketika seseorang memiliki emas maka akan mampu membuatnya kaya raya.

Logam mulia emas sendiri merupakan logam mulia yang biasanya disimbolkan dengan symbol Au. Logam mulia emas merupakan jenis logam yang paling baik dan tidak mudah mengalami perubahan atau reaksi kimia ketika bercampur dengan bahan kimia yang lainnya.

Selain itu, sebagian ada yang mengatakan cincin emas merupakan logam yang paling bersahabat bagi tubuh manusia. Emas tidak mudah bereaksi dan memberikan efek samping ketika bersentuhan dengan tubuh manusia. Seseorang yang menggunakan perhiasan emas akan terlihat lebih cantik dan menambah lebih percayaan diri.  Selain itu juga ada sebagian orang menggunakan emas untuk tujuan kesehatan (Berlaku Untuk Wanita) bisa mengurangi kelembaban dan lain sebagainya.

Sebagian orang ada yang tidak mau memakai cincin emas karena memang ada larangan agama, hal ini berlaku untuk pria muslim. Solusi bagi pria muslim bisa memakai selain emas seperi palladium, platina (platinum), perak. Logam-logam tersebut adalah logam mulia yang senyawa dengan emas.

Salah satu contoh sederhana yang bisa kita lihat adalah penggunaan emas sebagai pengganti gigi yang rusak. Emas tersebut digunakan sebagai pengganti gigi karena tidak memberikan efek samping dan tidak mudah bereaksi sehingga relative aman digunakan untuk manusia.

Emas murni memiliki warna kuning yang mengkilat. Warna kulit mengkilat inilah yang membuatnya sangat digemari oleh banyak orang. Namun tidak jarang pula orang yang mencoba untuk membuat emas palsu demi meraup keuntungan.

Emas murni yang tidak tercampur dengan logam lain termasuk sebagai logam yang lembek. Emas murni memiliki kekerasan yang lebih keras sedikit jika dibandingkan dengan timah. Namun emas murni tidak pernah lebih keras jika dibandingkan dengan logam yang lainnya.

Oleh karena kepadatannya yang masih kurang keras tersebut maka emas murni tidak digunakan sebagai perhiasan. Jika ingin memanfaatkan emas untuk bisa digunakan sebagai perhiasan maka harus dicampur dengan logam lain terlebih dahulu.

Namun tidak sembarang logam bisa dicampur dengan emas karena jika dicampur sembarangan maka kilauan yang dihasilkan menjadi berkurang. Oleh karena itu, hanya logam tertentu saja yang digunakan sebagai pencampurannya dalam pembuatan perhiasan seperti cincin kawin, cincin emas, gelang, dan lain sebagainya.

 

CAMPURAN EMAS

Beberapa jenis logam yang biasanya dicampur pada emas untuk membuat perhiasan adalah sebagai berikut.

  1. Perak
  2. Zinc
  3. Palladium
  4. Kuningan
  5. Tembaga

 

Setiap pencampuran emas murni dengan beberapa logam tersebut maka akan mampu menghasilkan perbedaan warna yang cukup signifikan. Emas akan mengalami perubahan warna yang tadinya kuning kemilauan berubah menjadi warna lainnya.

Sebagai contoh adalah ketika emas murni dicampur dengan perak maka akan menghasilkan warna kuning kehijauan. Jika emas murni dicampur dengan palladium atau di campur dengan nikel maka akan menghasilkan warna putih dan jika dicampur dengan logam tembaga maka emas akan menghasilkan warna kemerahan atau di sebut rose gold.

Sekarang kita sedikit mengetahui bahwa perbedaan warna pada emas diakibatkan oleh pencampuran logam yang ada di dalamnya. Semakin banyak campuran yang digunakan maka warna emas akan semakin pudar.

Kita bisa melihat pencampuran yang terjadi antara emas murni dengan beberapa logam lain yang mampu menghasilkan warna lain seperti tembaga yang menghasilkan warna merah dan perak yang menghasilkan warna hijau. Namun terlepas dari itu semua, emas putih dan emas kuning merupakan perhiasan yang sekarang ini banyak sekali digunakan di masyarakat.

 

KADAR EMAS

kadar emas

Adanya penggunaan emas sebagai bahan perhiasan maka menyebabkan adanya ukuran yang juga harus digunakan untuk mengetahui seberapa besar kandungan emas yang ada di dalam perhiasan tersebut. Untuk emas murni maka ukurannya adalah 24 karat (99,9%).

Karat merupakan standart resmi yang digunakan untuk mengukur nilai kandungan emas tersebut. Namun emas dengan kandungan 24 karat tidak bisa digunakan sebagai perhiasan karena sifat murni dari logam emas yang lembek meskipun masih lebih keras dari logam perak.

Oleh karena itu, kita tidak akan pernah menemukan perhiasan emas yang  ada di pasaran dengan ukuran 24 karat. Kadar karat yang ada di pasar atau toko perhiasan adalah 14, 18, 17 sampai 22 karat.

Sebagai contoh adalah ketika perhiasan yang kita gunakan adalah 18 karat maka berarti kandungan emas yang ada di dalamnya adalah 18/24 yang berarti hanya 75%. Sisanya yakni 25% dari perhiasan tersebut adalah logam lain yang senyawa dengan emas.

Untuk mengetahui logam apa yang menjadi pencampurnya maka bisa dilihat dari warna perhiasan emas tersebut. Jika emasnya berwarna hijau maka campurannya adalah perak, jika merah atau rose gold maka campurannya adalah tembaga atau allow rose gold.

Namun sekarang ini, banyak sekali toko perhiasan yang langsung menggunakan prosentase dalam menjual kadar emasnya, seperti cincin kawin emas kadar 70% atau 60%  atau lainnya yang dijual di toko perhiasan. Ukuran yang seperti ini lebih memudahkan karena kita dengan cepat segera tahu bahwa kandungan emas yang ada di dalamnya hanya sebesar itu.

Akan tetapi sebagian toko perhiasan di indonesia umumnya banyak yang salah kaprah dalam menyebutkan istilah kadar emas, misal kadar 75% bilangnya emas 23karat, ada yng bilang lagi emas kadar 70% bilangnya emas 22karat. Hal ini yang menjadikan pembodohan masyarakat. Sebaiknya dari pihak toko menyebutkannya persent ini lebih aman, dan dari pihak pembeli tidak merasa di bodohi.

 

CAMPURAN TERBAIK CINCIN KAWIN EMAS PUTIH

Ada dua opini yang berkembang di masyarakat seputar keberadaan emas putih. Sebagian orang menganggap emas putih bukanlah emas yang sesungguhnya melainkan logam lain yakni platina yang memiliki harga cukup mahal, ada yang mengatakan palladium, hal ini tidak benar.

Ada juga yang mengatakan bahwa cincin kawin emas putih merupakan emas murni yang dicampur dengan nikel, atau palladium dan perak, pendapat ini lebih masuk akal karena pencampuran emas murni dengan nikel atau palladium perak mampu menghasilkan warna putih. Akan tetapi yang di hasilkan dari campuran nikel kurang memuaskan dan terkadang bahannya suka pecah-pecah.

Untuk menepis semua itu, perlu di ketahui bahwa cincin kawin emas putih adalah cincin kawin yang bahan campurannya terdiri dari emas murni dan logam yang senyawa dengan emas. Biasanya pabrik cincin nikah atau pengrajin cincin emas membuat campurannya dengan logam palladium dan perak dengan mengikuti takaran yang tepat, sehingga cincin kawin yang di hasilkan ini akan lebih bagus dan bahannya tidak pecah. Menurut pengalaman dari pengrajin pabrikcincinnikah.com membuat cincin kawin emas putih dengan terlalu banyak campuran palladium maka bahan cincin kawin yang di hasilkan akan keras, dan pecah-pecah, dan pengerjaanya lebih menyulitkan pengrajin. mengapa demikian? Karena karakter palladium sendiri adalah logam yang berbentuk lempeng seperti stenlins, yang keras, memilikititik lebur yang sangat tinggi.

Untuk takaran campurannya sendiri tergantung berapa kadar persent yang akan di buat. Jika misal menghendaki cincin kawin emas putih dengan kadar 75%, berarti yang 25% adalah campuran, sebaiknya menggunakan bahan campuran palladium dan silver, karena yang di hasilkan akan lebih bagus.

Perlu di garis bawahi, bahwa emas putih standar internasional adalah kadar 75% tidak lebih dari itu, jika lebih dari itu biasanya warna agak condong ke kuning-kuningan.

 

CINCIN KAWIN EMAS KUNING

Penggunaan cincin kawin emas kuning sudah menjadi hal yang biasa dilakukan oleh banyak orang. Penggunaan emas putih sebagai cincin kawin baru-baru ini dilakukan tetapi setiap orang memiliki pandangannya masing-masing.

Emas putih bisa dijadikan sebagai cincin kawin dan memiliki arti yang cukup bagus. Putih berarti suci sehingga pernikahan akan berlangsung suci dan abadi selamanya sebagaimana keinginan dari pasangan yang ingin terus menjaga kesucian dari cinta yang murni pada diri mereka berdua.

Namun , cincin kawin emas putih masih dirasakan kurang mewah. Hal ini dikarenakan pola fikir dari masyarakat yang sudah memiliki pandangan bahwa emas adalah berwarna kuning sehingga seseorang yang menggunakan cincin kawin dari emas putih maka tidak termasuk menggunakan emas.

Pandangan ini ada benarnya juga karena selama ini kita hanya mengenal jenis emas yang berwarna kuning saja. Sehingga tidak heran jika banyak yang merasa ragu untuk menggunakan emas putih karena takut dibilang tidak memakai emas. Padaha sudah menggunakan emas.

Meskipun demikian, ada sebagian toko menjual cincin emas putih harganya lebih tinggi di bandingkan dengan cincin emas kuning. Ketika ada keinginan untuk dijual kembali harga cincin emas putih di beli dengan harga murah, meskipun di saat belinya mahal.

Akan tetapi ada sebagian toko atau workshop yang tidak membedakan harga cincin emas putih dan cincin emas kuning, harga keduanya di samakan, begitu pula nilai investasinya ketika di jual kembali harganya sama-sama masih tinggi.

“Akan tetapi jarang yang namanya cincin nikah, cincin kawin, cincin pernikahan, cincin tunangan di jual kembali ke tokonya, karena ini merupakan simbol pernikahan yang di lakukan sekali dalam seumur hidup “

Baik emas putih ataupun emas kuning merupakan sama-sama emas yang bisa dijadikan sebagai cincin kawin. Namun cincin kawin emas putih bisa memiliki nilai lebih karena warna putih yang melambangkan kesucian dari cinta dua insan.

Itulah bahasan mengenai cincin kawin berbahan emas putih. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda.

Kami adalah PabrikCincinNikah.com menerima jasa pembuatan cincin kawin, cincin nikah, cincin tunangan. Anda bisa custom model sesuai keinginan. Jika anda berminat, silahkan hubungi kami :

Head Office :

Jl. Nurul Hikmah 1, no. 63, Rt/Rw: 006/011, Kelapa Dua, Kel. Tugu, Kec. Cimanggis, Depok-Jawa Barat 16951,

(Deket Brimob Kelapa Dua-Depok-Jawa Barat).

Kontak Resmi Kami :

Whatsapp = 0857-8115-8585

Pin BBM = 59663D00

Instagram = pabrikcincinnikah

Line = pabrikcincinnikah

Dapatkan harga promo cincin kawin, cincin nikah sekarang..!! Kunjungi kami www.pabrikcincinnikah.com

Kunjungi kami juga :

http://www.bengkelperhiasan.com

http://www.weddingrings.co.id

http://www.cincinperkawinan.com

http://www.pengrajinperhiasan.com

http://www.geraicincin.com

http://www.federaltransparency.us

http://pabrikcincinnikah.tumblr.com

http://pabrikcincinnikah.blogspot.com

http://www.flickr.com/photos/cincinkawin

http://www.flickr.com/photos/cincinnikah

http://www.linkedin.com/in/cincinnikah

http://pabrikcincinnikah.wordpress.com

http://www.slideshare.net/CincinKawin

http://www.behance.net/cincinnikah

 

 

 

 

Share this post